Rabu, 10 Maret 2010

Maret 2010

Setelah perjalanan panjang modem, on line pun menjadi susah. Susah-susah tapi masih bisa. Dan sekarang dengan adanya modem ini, saya janji lebih produktif menebarkan ilmu dalam tulisan di dunia maya. Nih ilmu pertama saya,

Darul Ma'arif Mencoba Arif

Alhamdulillah untuk kedua kalinya tim JOSS Training Center melawat ke SMA Darul Ma'arif, sekolah SMA yang berada di kawasan Fatmawati, ke arah Blok M Jakarta. Seperti tahun lalu, saat ini, Motivator JOSS Indonesia, Akhmad Basori SE diundang untuk memberikan training motivasi kepada anak-anak kelas 3 disana. Ya, tahun kemarin acara juga berlangsung khusuk dan syahdu dengan perenungan kehebatan diri kita, sehingga kita harus layak bersyukur dengan menjadi orang yang paling berprestasi di dunia ini. Ya...saat ini Tim JOSS juga menturut sertakan 2 orang, yakni Alfian selaku transport, dokumentasi dan teknisi dan dengan Mbak Osy, sang sekretaris JOSS merangkap manajer JOSS.

Acara dimulai tepat sekitar pukul setengah sembilan pagi dengan dibuka oleh Mas Hery selaku pengundang dari BBI Salemba (Bimbingan Belajar Islam Salemba) bekerjasama dengan Yayasan Darul Ma'arif. Acara dibuka dengan perkenalan apa dan siapa JOSS Training Center. kemudian acara dilanjutkan dengan training interaktif yang berisi success story, film inspiratif, games, komitmen bersama, sampai perenungan untuk membahagiakan orang-orang yang kita cintai.

Acara yang berlangsung kurang lebih dua jam ini berjalan lancar. ada satu hal yang ingin saya ceritakan tentang materi ini, bagaimana termotivasi belajar, bagaimana cara belajar, dan bagaimana yakin dengan cita-cita yang kita punya.

Belajar adalah bagaimana mengulang-ulang sesuatu yang tidak biasa hingga akhirnya bisa dan terbiasa. Proses ini seperti membangun jembatan dari dua jurang yang terpisah dan menganga. Kemudian dibangunlah sebuah jembatan yang harus dipelopori oleh orang pemberani yang siap menaburkan jangkar dan kemudian mengalami banyak kesulitan di atas jembatan yang pertama. Namun setelah bolak-balik untuk membangun tali penyanggah, papan balok untuk berjalan dan bantuan dari asisten yang merangkit setapak demi setapak jembatan ganung maka jadilah sudah. Setelah jembatan terbentu, sangat mudah untuk bilang, wah ternyata mudah juga ya...Hal ini diterangkan dengan film ilmiah dari Amerika. Kemudian dilanjutkan dengan film tentang latihan gadis Jepang yang selalu masuk melemparkan bola bahkan latihannya menghabiskan ratusan kali untuk berhasil.

Bagaimana cara belajar, intinya pada semboyan "Belajar untuk mengajar dan mengajar untuk belajar". Oleh karenanya menyampaikan ilmu disini menjadi hal yang sangat penting. Hal ini dikuatkan lagi dengan metode, "hear, see and do" maksudnya jika kita hanya dengar maka lupa. Hanya lihat akan percaya. Namun jika kita melakukan, maka kita akan semakin paham. "I hear I forget. I see I believe. I do I understand"

Yakin dengan cita-cita. Bagaimana caranya, ternyata sederhana, mengutip dari Muhammad Ali, petinju legendaris dunia, pernah bilang "To be a great champion, you must belief you are is the best. If not, pretend you are". Untuk jadi seorang juara, pemenang, orang hebat syaratnya kita harus percaya bahwa kita memang seperti itu. Jika tidak, tugas kita hanya bertindak, berpikir dan berperasaan seolah-olah sampai seperti itu. Sampai kapan? Sampai semuanya terwujud nyata. Ya..hanya itu. Hal ini diaminin oleh Oprah Winfrey yang menelurkan rumus pede yang dahsyat. Oprah adalah pembawa acara paling terkenal dan paling kaya di level dunia. Suatu ketika dia pernah bilang "Rahasia percaya diri sangat sederhana, kamu seolah-olah saja percaya diri sampai kamu memilikinya"

Ya... semoga ketiga ilmu di atas dapat kita terapkan seperti yang sudah saya terapkan dan banyak hasil yang sudah saya dapatkan.

Nantikan tulisan JOSS selanjutnya tentang :
1. Manajemen Perubahan yang disampaikan di Lembaga Dakwah Kampus Nasional Salam Universitas Indonesia
2. Manajemen Dakwah yang ditrainingkan di Sahabat Asrama UI.
3. Innomotivation, sebuah training motivasi untuk berinovasi yang disampaikan di PT Yutaka,
4. dan banyak lagi yang lainnya

salam JOSS

A. Basori SE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar