Kamis, 07 Mei 2009

Spiritual Training in SMAN 3 Depok


Undangan mengisi training ini pertama kali saya dapatkan dari Faris yang ternyata adalah anggota rohis SMAN 3 Depok. Temannya pun cukup berat karena mengusung "Pemuda Pilihan Islam". Bertempat di mushola yang bisa menampung sekitar 60 siswa kelas 11. Acara dilangsungkan hari Jum'at, 1 Mei 2009 pukul 13.00. Di tengah amanah untuk bisa memberikan sesuatu yang berarti dan berharga akhirnya undangan ini pun dipenuhi. Dengan fasilitas sound music dan antusiasme peserta yang luar biasa membuat acara ini sayang untuk tidak diceritakan. Training spiritual ini awalnya dibuka dengan cerita makna syukur bahwasannya segala yang kita punya bukan milik kita. Hanya titipan semata. Akhmad Basori, selaku Motivator JOSS Indonesia yang mengusung spirit Jujur Semangat Simpatik juga tidak melupakan rasa syukur diberi nikmat Tuhan untuk banyak berbagai dengan banyak pemuda. Kisah syukur lebih mengena saat diceritakan bagaimana teman-teman motivator yang mengalami kecelakaan dan begitu mudahnya Allah membalik nikmat sehat menjadi sakit yang harus dimaknai positif sebagai bentuk pengingatan kita bahwa apa yang kita punya bukan segalanya...Ilustrasi kecelakaan, dirawat di rumah sakit dan kecacatan menjadi tema utamanya...

Selanjutnya kebermaknaan surat Al Fatihah diulas dengan semakin mendalami arti dalam setiap kalimatnya. Dengan metode gerakan ternyata ayat-ayat ini sangat mudah untuk dicerna, sehingga pemahaman makna dan implementasinya yang merupakan langkah selanjutnya tinggal butuh besarnya usaha. Setelah semua peserta bisa menirukannya dan mencoba paham maknanya akhirnya berbasis kandungan Al Fatihah training pun dilanjutkan.

Hal yang paling esensial dalam hidup adalah bagaimana memaknai masa dan waktu. Bagaimana mengisi tahun demi tahun dari waktu yang akan diberikan Allah ini. Sesi Long journey pun akhirnya digeber. Dengan bantuan kertas dan spidol semua peserta mengikuti petunjuk motivator joss untuk membuat garis lurus ibarat usia kita. Titik demi titik yang membentuknya adalah rangkaian usia kita. Setelah itu kesadaran bahwa usia yang kita punya tinggal cuma beberapa garis saja akhirnya mulai kita coba isi dengan hal-hal berguna.

Suasana sangat syahdu dengan iringan lagu instrumentalia doa ibunya Opick. Termasuk saya juga banyak merenung bagaimana hidup ini diisi kalau sekadar ingin saja tidak punya. Jangan-jangan kita tidak berhak meminta tambahan usia karena kita tidak tahu mau diisi apa? Bahkan saat menginjak usia 30-an, 40-an, 50-an dan di usia-usia 60-an mau diisi dengan apakah hidup ini. Aktivitas macam apakah yang akan ditorehkan?Kegiatan apa yang harus dilakukan sehingga dapat dikenang untuk kebanggaan? Sejarah macam apa yang akan diprasastikan oleh nama-nama yang sudah kita sandang? Semakin merenung semakin dalam bahwa usia ini akan sia-sia saat tidak diisi hal yang berguna...

Setelah sesi kekhusukan di atas selesai masuklah ke sesi penyegaran yang membuat pemuda menjadi optimis dalam hidupnya dengan beberapa tips dari ilmu NLP (Neuro Linguistik Program). Bagaimana seorang pemuda bergaya, bergairah dan bisa mengubah loyo menjadi luar biasa. Bagaimana membuat malas terpangkas. Bagaimana membuat bahagia selamanya. Bagaimana menikmati hidup dengan keoptimisan. Hal-hal ini tidak hanya dengan sekadar teori, langsung praktek yang bisa diirasakan langsung dan wuzz langsung berubah. Tag line yang diangkat pun "perubahan datangnya seketika". Ya memang benar bahwa "perubahan bisa datang seketika."

Selain itu juga diulas tuntas bagaimana melakoni hidup dengan sukses dari tahap ke tahap. Mulai dari sukses diri, relasi, organisasi, pasar dan sosial. Kita harus memaksa diri kita untuk sukses luar biasa dengan berjuang dan berpengaruh menjadi pemuda yang bisa menyejarah, bisa menginspirasi, bisa diteladani dan bisa dicontoh. Yah, pendek kata menjadi pemuda hebat yang bisa dipilih, pemuda yang dipilih Islam. Sebuah agama besar ini pasti membutuhkan pemuda "besar" juga untuk mengisinya yang akan membuktikan kebesarannya. Dengan semangat dan pemahaman ini maka kita bisa bilang kitalah pemuda Pilihan Islam....asalkan kita terus berusaha bagaimana agar supaya kita dipilihnya...

Dengan penutupan doa yang diinspirasi dari surat As Syam 1-10 akhirnya kita terhanyut dengan sumpah-sumpah Allah dengan tujuh ciptaan besarnya bahwa hanya orang yang beruntung adalah yang selalu mensucikannya dan yang merugi adalah yang selalu mengotorinya.

Salam JOSS buat SMAN 3 Depok
Jujur-Optimis-Semangat-Simpatik
Akhmad Basori
motivator JOSS Indonesia

testimoni buat Training Spiritual JOSS

Septi Tri Utari :
"seru, semangat, menambah motivasi"

Dwi Aprianto :

"menyegarkan hari ini dan esok seterusnya"

Ririn Diah Sartika :
" Bisa tambah semangat orang lain dan merasa lebih percaya diri pada saya yang memiliki kekuarangan dan saya lebih percaya diri sekarang."

Rudy Muhammad I. :
"It's cool"

Desty P.S :
"Isinya oke tapi kalo ngasih materi Motivation Training (MT) yang bervariasi ya...
Soalnya saya sering dikasih materi MT tapi materinya sama atau cara-cara penyampaiannya sering sama. Contohnya film, games dll.
TAPI YANG INI KEREN ko, kreatif...makasih kak, dah ngingetin tuk mencari tujuan hidup. tapi kak, aku suka bingung ma tujuan hidup aku. gimana ya?"

Fany :
"Menurut pendapat saya sangat menarik, memberikan satu semangat baru, dimana saya saat ini memang saatnya untuk berjuang dan tidak takut untuk gagal. Dan mengingatkan bahwa kita tidak akan bisa hidup sendiri tanpa ada orang lain dan kita harus mencari semangat yang baru untuk terus bangkit melanjutkan semua niat kita"

Siti Saadah :
"MTnya bagus, bisa memberikan motivasi lebih"

Aini :
"Hm...cukup menggugah, trus seru kok!!!"

Fitriyanih :
"Materinya menyenangkan dan bisa memotivasi saya untuk meraih apa yang saya inginkan"

Mutia Fadhila :
  • asik
  • seru
  • jadi lebih semangat untuk bisa mencapai cita
Novia Ayu Fajarningrum :
"pengisinya komunikatif, semangat ngomongnya, nyampe isinya ke diri saya. Kata-kata yang digunakan sopan dan bisa memotivasi pastinya. Ditambah backsound jadi makin mantab. Saya Ayu yang selalu bermanfaat"

Mega (saya akan menjadi dermawan) :
"materi yang diangkat bagus, dapat mengingatkan bahwa ada orang lain (sosial) yang dapat mendukung dan harus dibantu"

Ismah Afifah :
  • sangat bermanfaat
  • membuat saya bertambah semangat karena tadi sempat down
Citra Reza :
" Subhanallah bagus!!! Metodenya bagus juga. Terimakasih!!! Kita jadi semangat."

Ridha Zahratun ;
  • asyik
  • seru
  • beda
Diana Kaswarani :
"lebih termotivasi. Dapat tips agar lebih semangat dalam kondisi males. Bagaimana cara bahagia. Pokonya lebih nambah ilmu."

Buat Bang Bashori,
hehe..
Manteblah, gak ada kata-kata lain buat seorang motivator. Materi yang disampaikan bagus dan seru. Aku pengen banget jadi motivator, terutama buat diri aku sendiri juga orang lain. Amien
Mutia Rahmi

Indah Purnamasari ;
"Mentornya seru. Bikin saya semangat lagi dan ngebuat saya gak takut buat bermimpi dan bercita-cita setinggi-tingginya. Allahu akbar!!!"

Jajang Syahroni :
"Tetep sukses"

Alfian Budi H. :
"Saya lebih semangat untuk menjadi yang lebih baik dari sekarang dan saya ingin menjadi sesorang yang lebih berguna untuk orang lain. Jangan lupa untuk main kesini lagi, lebih sering lebih baik."

Firmansyah:
"penyajiannya mengasyikkan. Teruskan"

Yudha Widyantoro:
"Saya jadi mengerti dan bisa mempersiapkan untuk cita-cita saya dan termotivasi tentunya"

Syahrial Abid W.R :
"lebih memberikan motivasi yang benar-benar kuat dan menyemangati. Allahu akbar!!"

Yuddhy Tri A. :
"saya termotivasi......"

Abdullah Ibnu Ahmad :
"seru!! jago hipnotis nih.....jadi lebih semangat!"

recommended motivator, motivator yang sangat bagus. Kalo sebulan denger motivasi dari dia terus bisa jadi orang tersukses. Amin. backsoundnya juga keren!!"
thethreecamelteer@yahoo.com

Dwiyan Yulianto :
"sangat menarik dan banyak pelajaran yang dapat diambil"

Fikri Nashir :
"alhmadulillah kak bashori, saya dapat banyak ilmu yang kakak berikan. Terima kasih banyak."

Fazar Dinata :
"mudah-mudahan mengab kayak gini sering dilakukan/ senang saya bisa lebih optimis dan semangat dalam menjalani hidup"

Dery :
"Kita menjadi lebih tahu bagaimana kekuatan dari keyakinan"

Nashrun :
"menambah semangat, asik! dapat pencerahan"

Tiko ;
"SEGAR"

Ahmad Furqon :
"Go Freedom !!! Seamangat Teruuus!!"

Ani :
"seru, materi yang disampaikan masuk dan bisa menjadi motivasi dan instropkesi diri. tetep semangat! Allahu akbar!"

Muhammad Faris :
"Luar biasa"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar