Senin, 05 April 2010

IBS Public Speaking Training








BATPRO alias Basic Activist Training Program 2010 yang diadakan ketiga kalinya ini terus terang menjadi salah satu pengalaman yang berkesan untuk saya pribadi. Ini adalah ketiga kalinya saya mengisi di kampus yang punya nama lengkap Indonesia Banking School yang berada di kawasan elit Kemang, Jakarta Selatan. Materi yang disampaikan pun juga berbobot tentang Public Speaking yang merupakan salah satu skill wajib yang kudu dipunyai untuk bisa sukses dan eksis di dunia kerja maupun wiraswasta.

Bermula dari meeting di Margocity Depok bersama panitian acara yakni Steffie, Andra, Fagan dan Ary akhirnya acara berlanjut ke sebuah tempat auditorium yang menampung 60 mahasiswa-mahasiswi calon aktivis kampus yang tangguh. Saat itu berkenalan juga dengn Retna Sang ketua Dewan Mahasiswa-nya.

Acara ini dibuka oleh tim JOSS Lukman yang mencoba dan mencairkan suasana dengan menghilangkan urat malu meneriakkan yel-yel JOSS...wow...wow...JOSS....

Dilanjutkan pemutaran profil JOSS yang sudah lama berkiprah dan sudah memberikan training apa saja. Langsung kemudian masuk inti yang dibagi menjadi tiga poin. Pertama knowing yourself. Kedua, confident, dan terakhir let's talk yang merupakan simulasi langsung public speaking.

Cara kita memandang diri kita sangat menentukan apakah kita memang benar-benar bisa belajar untuk menjadi besar. Nah dengan mengetahui bahwa kita semua punya potensi yang sama, mau membangun skill public speaking dengan terus fokus yang dalam training menggunakan simulasi gambar, maka jangan heran jika ternyata akhirnya kita merasa "Oh...memang benar ya...saya juga bisa public speaking". Saat itu sudah muncul maka langkah selanjutnya tinggallah melangkah.

Yakni confident. Yap, benar, untuk bisa public speaking yang tidak sekadar menyampaikan gagasan atau ide, lebih dari itu harus bisa meyakinkan orang. Nah bagaimana bisa meyakinkan orang kalau diri sendiri aja tidak yakin. Oleh karena itu belajar untuk meyakini sangatlah penting. Karena saat orang yakin maka menggerakan orang sebagai esensi public speaking akan lebih mudah lagi. Yah, benar public speaking adalah menyampaikan gagasan kepada banyak orang dengan fokus ini adalah sebuah keyakinan yang harapannya setelah kita omongkan mereka mau menuruti dan bergerak sesuai apa yang kita katakan. Mereka tidak sekadar mengangguk tapi juga menyetujui. Mereka tidak sekadar mengetahui tapi mengerti. Dan mereka tidak sekadar berkata iya tapi melakukannya juga.

Nih, tahap terakhir adalah let's talk...yah simulasi praktek langsung. Karena sesuai dengan pendapat Dr. Akrim Ridha, public speaking bukanlah materi dan teori, tapi sebuah pembiasaan melawan kesulitan-kesulitan sampai bisa mengatasinya dan menjadi ahli di dalamnya. Dengan memberikan topik-topik hangat dan yang universal ternyata sambutannya luar biasa. Sahabat-sahabat IBS mencoba berbicara, melatih berani, dan mengusahakan mengungkap apa yang ada di kepala menjadi kata-kata. Saluuut.

NI ada beberapa gambar fotonya....Nanti bulan Mei, JOSS akan kembali di gelombang yang kedua...Tetap JOSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar