Sabtu, 17 April 2010

JOSS 2010

Tahun ini memasuki tahun ke-4 kiprah Motivator JOSS Indonesia dalam menggebrak dunia motivasi. Usianya yang masih muda belia, 24 tahun, tapi sudah bergelut di dunia training yang menggerakkan semangat anak-anak muda. Tak terasa sudah lebih dari 400 kelas training dilalui dan mencapai total peserta 40.000 orang. Banyak kesan-pesan yang akan saya torehkan di JOSS 2010 ini sebagai bentuk refleksi selama perjalanan motivasi ini.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sangat besar atas kerjasama yang indah di JOSS Training Center ini teman-teman yang penuh dedikasi dan kontribusi. Dik Hanafi, yang selalu menemani perjalanan training-training ini. Alvian, sang mhsw kedokteran yang masih muda namun dengan segala kerendahan hati. Ada juga OSy, sang manager yang membuat suasana selalu terasa segar dengan segala cerianya. Ada Lukman, yang setia menemani dan merasakan masa-masa sulit dalam training namun tetap tegar bersemangat. Ya...JOSS team yang indah.

Sebentar lagi akan aku uraikan cerita-cerita training yang pernah kujalani di sekolah-sekolah. Mungkin tidak semuanya. Namun yang terekam dan terbayang di otak dan pikiran inilah yang ingin selalu kutuang.

1. Training di PT Angkasa Pura II. Aku masih ingat sekali. Saat itu ada workshop pelatihan calon manajer di perusahaan tersebut. Dan aku punya teman yang jadi Ketua BEM UI 2007, Edwin Nofsan Naufal. Kebetulan ibunya menjadi HRD di perusahaan itu. Saya diminta untuk menjadi pembicara dengan topik Creative Idea. Saya sanggupi tawaran menantang ini. Beruntung saya pernah mendapatkan pelatihan Innovation Meeting di Korea Selatan. Ilmu inilah yang saya share di sini. Saya masih ingat sekali, ada sekitar 20-an bapak-bapak, ibu-ibu yang seusia dengan orang tuaku. Suatu kehormatan saya diberi kesempatan untuk berbagi ilmu. Dan suasana yang terjalin atraktif, interaktif dan penuh canda namun dalam maknanya. Saat itu Fauzan Hangriawan dan Putri Rizki Arlita menemani saya selama training. Terima kasih.

2. Training di PT Yutaka Manufacturing Indonesia. Ini training terbesar dengan klien perusahaan. Saat itu saya punya kakak kelas semasa SMA yang namanya Mbak Dilla. Beliau mempromote saya untuk menjadi pembicara motivasi di kelas Quality Control Circle yang dihadiri sekitar 300 karyawan terbaik perusahaan yang berada di kawasan Cikarang tersebut. Alhamdulillah acara berlangsung lancar. Penuh games, tantangan, dan hadiah spektakuler. Terima kasih buat Mbak Nova juga, Mas Waluyo dan teman-teman Yutaka. Tak lupa Syaibatulham dan lagi-lagi Fauzan Hangriawan juga turut membantu full training saya ini.

3. Training di Pustakawan UIN. Ya, saat itu ada workhsop untuk pelatihan pustakawan di UIN, bapak-ibu disana bahkan ada yang sudah berusia 40-50 tahun. Saya sebagai anak muda yang penuh energi dan motivasi diminta untuk berbagi semangat untuk menyegarkan bagaimana bisa menikmati dan mencintai kerja yang ada. Dengan jumlah peserta sekitar 50-an pegawai alhamdulillah acara dapat berlangsung lancar. Saya masih ingat waktu itu dibantu oleh Aris Setyawan yang merupakan trainer dari ABCO SUgesti MOtivatindo.

4. dan seterusnya (nantikan di bagian selanjutnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar