Kamis, 14 Mei 2009

Training For SMART Ekselensia..



SMART Ekselensia adalah sekolah gratis yang dibiayai oleh Dompet Dhuafa Republika dengan metode belajar lima tahun untuk menempuh jenjang SMP dan SMA. Tahun ini adalah tahun pertama lulusan SMART akan membuktikan kiprahnya di kampus. Setelah lima tahun digodok dengan konsep asrama dengan pembinaan komprehensif akhirnya melahirkan siswa-siswa yang progresif dan percaya diri walaupun memiliki latar belakang yang kurang mampu.

Kini Motivator JOSS Indonesia, Akhmad Basori diberi kesempatan yang terhormat untuk memberikan training dengan tema "Survive in Campuss" kepada sahabat-sahabat kelas 12 yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Bahkan salah satunya ada yang sudah diterima di UI dengan program PMDK.

Dengan pengalaman yang saya dapat akhirnya training ini memakai metode "based true story". Dengan iringan musik dan remangan malam hari Jum'at tanggal 8 Mei 2009 akhirnya semua kisah digeber tuntas. Ada tiga poin penting yang dishare yang disingkat dengan BAS yang merupakan nama singkat saya...Sekadar untuk mudah diingat. BAS tersebut adalah :

1. Biaya : dari latar belakang keluarga yang tidak mampu, tentunya sahabat SMART dan saya sendiri yang berlatar belakang sama mempunyai tugas untuk pemutus rantai kemiskinan keluaraga. Jalan yang paling ampuh adalah dengan pendidikan dan meneruskannya hingga jenjang Perguruan Tinggi. Ada dua kita jitu yakni menjadikan diri kita memiliki standard lebih untuk dapat beasiswa dan yang kedua adalah memiliki orang tua angkat yang akan mensupport cita-cita hebat kita. Tentunya dengan target prestasi dan mempersembahkan achievement kita yang dahsyat akan membuat orang tua akan lebih semangat mendukung setiap langkah hebat kita. Siapa mereka???Tips jitu pun juga diurai singkat namun padat.

2. Akademis : bagaimana mengemban amanah sebagai mahasiswa yang berintelektualitas tinggi dengan belajar makin serius dan menerapkan self study. Apa yang kita dapat bukan sekadar apa yang Dosen ajarkan tetapi apa yang kita belakari dengan sungguh-sungguh. Membaca empat tahun kuliah pun harus ada target-target prioritas yang bisa berbeda tiap tahunnya.

3. Sosialisasi : adalah teknik dahsyat untuk investasi sukses di masa depan. Mengemukakan siapa saja teman-teman kita nantinya pas kuliah di universitas bergengsi. Bagaimana setiap hari kita memaksa diri berkenalan dengan dua orang baru. Bagaimana menanamkan investasi kebaikan kepada tiap teman-teman kita. Bagaimana menjadi pribadi yang menyenangkan sehingga banyak teman yang merasa nyaman..Dan akhirnya banyak cita-cita kita mudah tergapai dengan bantuan teman-teman tersebut.

Demikian kiat-kita itu dan yang paling penting "Knowledge is nothing but knowledge with implementing is everything"

salam joss
jujur-optimis-semangat-simpatik

Motivator JOSS Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar